Unordered List

Senin, 05 Agustus 2013

CHIP BERTEKNOLOGI TINGGI UNTUK ATASI KEBUTAAN



Sebuah microchip yang dikembangkan oleh para ilmuwan telah memulihkan penglihatan sembilan orang buta yang menderita penyakit degeneratif  Setelah diposisikan di bagian belakang bola mata, mikrochip tersebut mampu megembalikan  fungsi poenglihatan untuk pasien yang lahir dengan kondisi retinitis pigmentosa (RP). Implan kecil berukuran 3 mm yang dikembangkan oleh para ilmuwan di Universitas Tubingen Jerman, ditempatkan di bawah permukaan retina mana elektrik merangsang jaringan optik.

Dalam percobaan terbaru, dijelaskan dalam Royal Society jurnal biologi penelitian Proceedings B, sebagian besar pasien yang terlibat mampu mengenali ekspresi wajah.
Mereka juga bisa membedakan benda-benda seperti buah di atas meja dan membaca rambu-rambu jalan.

RP adalah penyakit yang terutama mempengaruhi retina - khususnya, fotoreseptor pada lapisan makula,
ini adalah area mata di mana gambar yang jelas terbentuk pada individu normal terlihat, akibat RP maka lapisan tersebut perlahan-lahan menipis sehingga dapat menyebabkan kebutaan.

Chip ini terdiri dari 1.500 piksel masing-masing dengan amplifier dan elektroda untuk merangsang saraf retina. Selain itu ada 16 elektroda untuk merangsang saraf langsung - menghasilkan beberapa tingkatan penglihatan artifisial dalam bentuk garis dan warna.





Sumber : dailymail.co.uk

0 komentar:

Posting Komentar