Unordered List

Selasa, 06 Agustus 2013

Kemampuan Mengingat Luar Biasa Lumba-lumba



Ilmuwan mengatakan bahwa lumba-lumba memiliki kenangan terpanjang yang pernah ditemukan pada spesies non-manusia. Para peneliti di Amerika Serikat mengatakan bahwa bahkan setelah 20 tahun berpisah, lumba-lumba bisa mengingat peluit mantan sahabat.

Dr Jason Bruck University of Chicago menyoroti kasus dua lumba-lumba betina bernama Allie dan Bailey. Mereka pernah tinggal bersama di Florida ketika mereka masih sangat muda. Bailey sekarang tinggal di Bermuda tetapi ketika rekaman Allie dimainkan, dia langsung menanggapi walaupun telah terpisah selama 20 tahun 6 bulan sejak mereka tinggal bersama.

Dr Bruck mengatakan jenis respon adalah khas. Dibandingkan dengan panggilan asing, ada pola yang jelas dimana lumba-lumba merespon lebih panggilan dari hewan yang mereka pernah temui, bahkan jika mereka tidak melihat atau mendengar mereka dalam beberapa dekade.


Para peneliti percaya bahwa sifat kompleks sistem sosial alami lumba-lumba yang ada di balik efek memori jangka panjangnya tersebut. Di laut, lumba-lumba hidup berpindah-pindah kelompok dimana mereka mungkin meninggalkan satu kelompok dan bergabung dengan kelompok lain berkali-kali dalam hidup mereka.

Menurut para peneliti, kemampuan lumba-lumba untuk mengingat peristiwa-peristiwa menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat kecanggihan kognitif sebanding dengan manusia, simpanse dan gajah. Sementara gajah juga terkenal memiliki kenangan yang sangat panjang hingga 20 tahun, ada sedikit bukti ilmiah dari kemampuan mereka di luar hubungan keluarga.

Penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa lumba-lumba memiliki panggilan  mereka sendiri yang tampaknya memiliki fungsi sebagai nama seperti halnya pada manusia.







Refrensu sumber : bbc.co.uk

0 komentar:

Posting Komentar