Unordered List

Kamis, 01 Agustus 2013

Jenis-jenis Ikan Koi dan Cara Merawatnya




Koi adalah jenis ikan karper Cyprinus carpio yang dipelihara untuk menghias rumah, berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang. Mereka berkerabat dekat dengan ikan mas

Tancho
Tancho adalah sebutan untuk koi yang pada sekujur badannya tak terdapat warna merah, tetapi pada kepalanya terdapat warna merah.


Kinginrin
Yang dimaksud dengan Kinginrin tidak lain adalah koi yang mempunyai tanda-tanda perak di badannya. Beta-gin untuk sebutan koi yang hanya sebagian besar badannya diselimuti warna perak ini, sedangkan yang keseluruhan. badannya berwarna perak dinamakan Tama-gin atau Platinum Ginrin.

Hariwake
Hariwake adalah koi yang mempunyai pola emas dan perak, dengan kepala jernih.

Ogon
Ogon adalah koi yang mempunyai badan berwarna emas (golden).

Kawarimono
Yang termasuk dalam daftar Kawarimono ada-lah Karasugoi (Dark Koi), Kigoi (Yellow Koi), Chagoi (Brown Koi), Midorigoi (Green Koi), dan Matsuba.

Koromo
Koromo diberikan bagi keturunan Asagi dengan Kohaku atau peranakan dari Asagi dengan salah satu Sanshoku.

ShuSui
Shusui adalah koi yang sisik-nya besar-besar dan kulitnya lembut. Punggungnya berwarna biru gelap dan sangat cantik. Ujung hi-dung, pipi, perut, dan lipatan siripnya berwarna merah terbakar.

Asagi
Asagi adalah koi yang mempunyai badan berwarna biru atau biru cerah dengan pipi, perut, dan lipatan sirip berwarna merah. Sisik-sisiknya berwarna biru cerah dan membentuk susunan yang tidak bercacat.

Kohaku
Kohaku adalah varietas koi yang mempunyai badan putih dengan bercak merah pada badannya.

CARA MERAWAT KAN KOI

Dalam merawat ikan koi selain memperhatikan pola pakan yang baik juga perlu diperhatikan lingkungan tempat hidup ikan koi tersebut., Ikan koi hias, memang membutuhkan tempat hidup yang bersih, nyaman dan aman. Bebas dari sisa-sisa ekskresi hewan, itu sendiri dan juga dari sisa-sisa makanan. Karena itu, merawat kolam ikan koi penting Anda lakukan. 
Di bawah ini adalah beberapa cara merawat ikan koi:
Kedalaman kolam ikan koi, kedalaman kolam sangat penting bagi ikan koi. Kedalaman kolam hendaknya lebih dari 80 cm (bagian yang terisi air) agar membantu menstabilkan temperatur air yang disebabkan oleh terik panas matahari, atau cuaca dingin diwaktu malam atau pada saat hujan.
Membuat pelindung bagi koi, bila lokasi kolam koi yang Anda pilih berada pada lokasi terbuka, pastikan tidak sepenuhnya terkena sinar matahari karena selain akan cepat meningkatkan temperatur air kolam, hal tersebut dapat pula mempercepat pertumbuhan lumut-lumut yang dapat mempengaruhi kejernihan air kolam. Alternatif menempatkan tanaman pelindung dipinggir kolam adalah sangat dianjurkan. Selain itu Anda dapat juga menggunakan tanaman air seperti teratai, lili air dalam kolam, disamping sebagai penambah keindahan kolam, tanaman air juga menjadi tempat perlindungan yang menaungi ikan.
Agar ikan koi memiliki warna yang lebih cerah, Anda bisa mensiasati dengan memberikan warna hitam pada dinding kolam menggunakan cat kolam koi yang banyak beredar di pasaran.
Aksesoris kolam koi, agar ikan koi yang Anda cintai dapat tumbuh dengan baik dan sehat, beberapa aksesoris diperlukan dalam rangka menjaga kondisi air kolam yang menjadi habitatnya. Idealnya Anda akan memerlukan sebuah pompa air, sistem filtrasi, aerator kolam air, pemanas air dan alat sterilisasi ultraviolet.




Sumber  :
http://caramemeliharaikankoi.blogspot.com
http://oemams.wordpress.com/jenis-jenis-ikan-koi

0 komentar:

Posting Komentar